KISAH PANJANG KOES PLUS


SUMBER: Majalah TOP No. 26
KOES PLUS memulai kisah perjalanannya yang panjang di dunia musik dengan band Teen Ager’s Voice yang dibentuk Tonny Koeswoyo sekitar tahun 1952.Setelah bertukar nama menjadi Irama Remaja dengan anggotanya Sophan Sophian ,band ini terpaksa dikubur untuk kemudian Koes & Bros. Dalam grup terbaru anak2 pak Koeswoyo itu terselip pula nama Jan Mintaraga yang sekarang dikenal sebagai pelukis komik. Baca Kelanjutannya..

Sabtu, 14 Maret 2009

Test Kejiwaan


APAKAH orang menganggap Tonny Koeswoyo sebagai seorang djenius atau epigon,atau jang punja reminiscenza dengan melodi kontrapontiknja Bee gees,itu bukan. Soal bagaimana menghargai musiknja barangkali hanja pada pendirian suka tidak suka sadja.Karena betapapun hendak ditjari nilai dengan persjaratan2 objektif atas musiknya, itu akan terlampau sulit, paling kurang karena masalah2 jang mau tak mau sangat bertalian dengan justifikasi logical dimana penilaian itu harus berpijak,jaitu alamijah atau ilmiah.

Tapi selandjutnja saya bisa menerima musiknja. Dengan menerima tidaklah berarti saya menggemarinja. Sekarang2nja saja menggemarinja.Karena seperti jang pernah saja katakan sebelumnja (dalam Kompas dan Mahasiswa Indonesia) adalah jika sekarang orang bertanya tentang musik kontenporer Indonesia, maka nampaknja yang patut dihargai sebagai tjatatan generasi ini adalah musik2 Koes. Bahwa dengan gampang tidak dengan maksud sembrono—dapatlah dikatakan bahwa musik2 Koes baik dari segi melodi dan liriknja, adalah yang terbaik saat ini jang pernah dikerjakan oleh anak2 Indonesia di negeri ini. Memang musiknja termasuk pop, tapi dengan pop tidaklah berarti nilainja vulgar, mentah dan tasteless, karena dapat dibuktikan bahwa jang pop jga memiliki bobot.

Tonny Koeswoyo sendiri jang merupakan tiang dari musik Koes ini, adalah seorang yang memeliki vitalitas yang tinggi. Djika ada kesulitan yang datang dalam dirinja, dia akan sangat mampu mengatasinja, dapat menjaga keseimbangan dirinja, dan tak pernah kaget dengan ritangan apapun.Kesan ini kususnja ditemui dari djiwa djawaban 3 damana sekaligus dia memberikan suatu pengertia jang begitu logis tentang arti eksistensinja : kerja keras dan disiplin.

Tentang ini kemudian kita dapati tjagak jang menguatkan lagi dalam djawaban 5 dimana dalamnja dia serta merta memperlihatkan dirinja sebagai seorang yang sangat hati2. Disamping itu bisa2 djuga tjenderung terbawa hanjut dalam kebiasaan-kebiasaan perasan menangisi diri, artinja djika sikap hati2 tadi menjadi kekakuan2, maka dia lantas sadja mudah mengeluh, dan keluhanja itupun memelas jg mendengarnja.

Dalam djawaban 5 pula memberikan kesan bahwa dia termasuk orang jang dingin. Djawaban ini bisa dilihat sebagai yang berisi dimana bisa juga dilihat kesan dinginnja itu. Memang begitulah keadaannja ,terkadang orang tak puas pada djawaban jang dingin begini. Dan ada ekornja kemudian kalau orang tidak mengerti dari kesan jang dingin tadi, jaitu djika pada suatu hari pekerjaan nja sendiri awut2an,maka jang diomelnja orang2 di kanan kirinja—padahal sebegitu djauh mungkin pekerjaanja tanpa rentjana lebih dulu.

Dengan djawaban 9 dan 10 dia menundjukan kemungkinan-kemungkinannja sebagai seorang jang berdiam diri dan bitjaranjapun mungkin pelan2 sadja kajak transistor jang busuk bateriinja—walaupun setelah itu nantinja, kalau dia sudah angkat bitjara,maka omongannja lantas ngalor-ngidul tak karuan mulai mudji2 diri, dan seterusnja kalau terbawa dalam keasjikan omong,mungkin sambil gigit2 kwatji lagi,diapun akan menunjukan suatu sifat jang ber-lebih2an ,jaitu ada ketjenderungan baginja untuk mendjadi seorang jang gila hormat.

Dalam pada itu tulisan tanganja menundjukan dia sebagai seorang jang sulit dimengerti. Tulisannja sendiri se-akan 2 membuat orang dijakini akan sesuatu jang lemah lembut, seperti sifat putri solo jang malu2 kutjing—memperlihatkan bahwa kadang2 dia menemui juga kesulitan dalam hal mentjatakan apa jang menggerogot hatinja.

Dari segi penjakit, tulisan tangannja sangat mejakinkan bahwa gangguan2 djasmanijahnja kebanjakan pada bagia tulang-tulang, seperti entjok,sumsum, dan bisa2 djuga susah beraknja ( dalam kamus ada kata berak djadi dengan kesadaran jang tinggi kita tidak pakzi istilah buangair).23761 ( ditulis ulang seperti ASLINJA )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

test komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini