KISAH PANJANG KOES PLUS


SUMBER: Majalah TOP No. 26
KOES PLUS memulai kisah perjalanannya yang panjang di dunia musik dengan band Teen Ager’s Voice yang dibentuk Tonny Koeswoyo sekitar tahun 1952.Setelah bertukar nama menjadi Irama Remaja dengan anggotanya Sophan Sophian ,band ini terpaksa dikubur untuk kemudian Koes & Bros. Dalam grup terbaru anak2 pak Koeswoyo itu terselip pula nama Jan Mintaraga yang sekarang dikenal sebagai pelukis komik. Baca Kelanjutannya..

Rabu, 18 Februari 2009

NO KOES vs KOESPLUS

NO KOES mau diadu sama KOES PLUS di Jakarta.

SUMBER: Kliping Majalah TOP

Sewaktu koresponden TOP menemui Nomo Koeswoyo di penginapanya Hotel Maerakaca,dia sedang asyik bercakap-cakap dengan Susy (istri Yon Koeswoyo yang sedang beristirahat di Yogya) bersama seorang cewek temanya. Sekali-kali susy melempar kulit salak ke badan Nomo jika Nomo menyindirnya. Malahan susy tak segan-segan minta undangan dan rokok pada Nomo,tapi oleh Nomo diberi uang.Mau nonton berapa orang? Kata Nomo dan dijawab ”empat orang”.Lantas 1 lembar sudirman yang bernilai nominal Rp.5000,- dikeluarkan dari dompetnya dan diberikan pada Susy. Dalam hati saya cekikikan dan mengguman “ wah mas Nomo iki eman banget”.

Nomo memberi komentar “ diantara seluruh keluarga Koeswoyo yang paling gampang kulo lho, lha susy dhewe ora wani njaluk duwit karo Yon, cobo kulo niki sinten!”.Kelucuan-kelucuan terjadi antara pembicaraan Nomo dan Susy.Susy yang merasa menang sehabis diberi uang oleh Nomo, lantas membuka serangan baru lagi.” Mas Nomo, njaluk rokoke to?”.”Mbel,wis tak kei duwit kok”. Jawab Nomo dengan lagak seorang cross boy dan tiba-tiba kulit salak yang dilempar oleh Susy mengenai kaosnya lagi, akhirnya Susy dan temenya pamitan. Saya pun sempat ngomong-ngomong dengan Nomo Koeswoyo.

+ ) Apa rencana-rencana dan sensasi-sensasi mas Nomo yang akan datang ?

- ) Tunggu saja, saya jamin Kembar Group akan lebih sukses lagi, ibaratkan saya sekarang punya Bom waktu yang sebentar lagi akan meledak, menunggu saat yang tepat. Coba lihat, di tiap kota dimana NoKoes dan Kembar Group show, fans dan anak-anak kecil selalu berjubel-jubel minta tanda tangan sehingga kita merasa kewalahan, tapi kita senang bahwa kita tetap dicintai. Rencana saya berikutnya adalah mentopkan pelawak S.Kamdi untuk menyanyikan lagu-lagu jenaka diiringi Blo’on Group di Yukawi.


+ ) Ngomong-ngomong sekitar Blo’on Group, heboh di suratkabar-surat kabar seperti sinar Harapan,Kedaulatan Rakyat dsb, bahwa Yok keluar dari Koes Plus ? Benarkah?

- ) Saya yang menarik Yok untuk mendirikan Blo’on Group, karena saya kasihan sama Yok, kok masih betah-betahnya main di Koes Plus. Saya pribadi dengan Yok dan Yon baik-baik saja,hanya dengan pikiran mas Tonny saya kurang setuju, mas Tonny itu jiwanya kardus, orangnya selalu memaki-maki kepada saudara-saudaranya.


+ ) Apakah mas Nomo punya cita-cita membentuk Koes Bersaudara lagi dan kapan No Koes main di Jakarta?

- ) Tunggu saja. Sebetulnya saya sudah mengajukan tawaran sama mas Tonny agar Koes Plus main sama-sama No Koes di Istora, Cuma mas Tonny belum menjawabnya.Dia minta berapa deh! Saya acc. Boleh juga dengan didampingi band lain, tapi ini bukan duel lho,Cuma main sama-sama.Aneh ya.No Koes mudah main di kota-kota di Jatim dan Jateng, tapi di kandangnya sendiri kami belum pernah main.


+ ) Apakah mas Nomo tidak ingin membentuk group kembar cewek untuk mendampingi Kembar Group?

- ) Apakah situ punya? Tapi orangnya harus cantik-cantik lho. Lihat Alex dan Yacub, kan dia cakep-cakep toh.


+ ) Saya dengar di Jakarta berdiri group kembar cowok yang menamakan dirinya Toman Kembar.Bagaimana pendapat mas Nomo?

- ) Biar ada Toman Kembar,biar ada Setan Kembar, semuanya tidak perduli.Pokoknya Kembar Group jalan terus. Biasanya orang yang niru-niru tidak lebih baik dari yang ditirunya bukan?


+ ) Lantas apakah Nokes tidak meniru Koes Plus dan NoBo tidak menjiplak Bimbo?

- ) No Koes punya cita-cita hendak mengembalikan aliran Koeswoyo yang asli ke Koes Bersaudara, sedangkan NoBo Cuma menirun nada-nada Bimbo di Volume 1saja. Untuk LP-LP berikutnya,dia sudah mempunyai warna tersendiri.


+ ) Apakah mas Nomo pernah bertemu Bimbo mengenai hebohnya No Bo ?

- ) Acil pernah bilang pada saya.Kenapa mas Nomo kok membentuk group No Bo, itu kan menjatuhkan nama Bimbo,ini katanya. Tapi saya jawab,No Bo tidak ada hubunganya dengan Bimbo, No Bo bisa diartikan Nomo Bodoh atau Nomo Bonafid. Kalau ada orang lain membentuk group baru pake embel-embel Koes silahkan saja, misalnya saja Ka Koes,kan itu bukan berarti Koes Plus?


+ ) Mengapa orang selalu menyebut No Koes band grusa-grusu?

- ) Semua pemain band No Koes selalu grusa-grusu, kalau satu orang main Billiard, yang lain juga main Billiard, satu main cewek yang lain juga main cewek.


+ ) apakah kegrusa-grusuan ini pembawaan masa muda Nomo?

- ) Ya dulu saya jagoan kelahi di Jatim, coba tanyakan saja bajingan-bajingan Jogja seprti Gito di Kota Baru, apa kenal nama gua ?


+ ) Mengapa No Koes tidak mau merekam lagu-lagu Barat seperti Koes Plus?

- ) Kita kan orang Indonesia, mengapa harus merekam ladu-lagu Barat?


+ ) Mengapa dalam setiap pertunjukannya mas Nomo selalu memasukan kata-kata Mas Tonnyku dan lagu-lagunya selalu menyindir mas Tonny?

- ) Disengaja.” karena saya tidak setuju cara-cara yang ditempuh mas Tonny, makanya saya keluar dari Koes Bros, kulo niki sinten he?

( ditulis ulang seperti ASLINYA )

1 komentar:

  1. Met kenal mas,
    Terima kasih atas artikel yang menarik ini, memang akhirnya sedikit terkuak 'misteri' kekalutan keluarga Koeswoyo dahulu, ditunggu ulasan lainnya.

    Salam
    TSH

    BalasHapus

test komentar